]

Sejarah Ketika Khalifah Utsman bin Affan Membeli Sumur Untuk Umat Islam

sumur utsman bin affan

Kita tahu bahwa khalifah Utsman bin Affan radhiallahu anhu adalah salah satu sahabat nabi yang telah menikahi Dua Putri Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, yaitu Ummu Kultsum juga Ruqayyah RA, karena itu Khalifah Usman bin Affan diberikan julukan sebagai dzun nurain yaitu orang yang mempunyai dua cahaya.

Jadi begini kisah mengenai Utsman bin Affan beliau adalah sahabat Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam yang sangat dermawan dan sangat ikhlas ketika melakukan sedekah juga infaq untuk diberikan di jalan Allah Subhanahu Wa Ta'ala, tanpa mengharapkan balasan apa pun melainkan hanya Ridho kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala serta pahala, inilah sifat ikhlas Utsman bin Affan.

Pada waktu itu kaum muslimin yang sedang mengalami kesulitan dan kesusahan dalam mencari air untuk diminum. Hanya satu sumber air yang paling bagus dan paling jernih saat itu yaitu sumur yang dipunyai oleh seorang Yahudi. Orang Yahudi ini sangat membenci umat Islam, Karena itu jika umat Islam yang membeli air di tempat itu atau di sumur itu, maka orang Yahudi itu akan menaikkan harganya dengan beberapa kali lipat harga yang semestinya.

Saat itu dalam peristiwa tersebut Utsman bin Affan akhirnya memutuskan untuk membeli setengah dari sumur tersebut agar bisa digunakan oleh kaum muslimin dan tanpa dipungut biaya alias gratis. Akhirnya dalam kesepakatan penggunaannya dibagi menjadi dua yaitu sehari untuk orang Yahudi dan sehari lagi untuk Usman bin Affan dan itu dipersembahkan untuk seluruh kaum muslimin pada saat itu.

Indah pada saat setelah setengah sumur itu dibeli oleh Utsman bin Affan akhirnya saat sumur itu digunakan oleh orang Yahudi, tidak lagi ada yang mau membeli airnya. Karena itu orang Yahudi tersebut merasa sangat rugi dan akhirnya menjual seluruh semua saham atas berdiri sumur tersebut kepada Utsman bin Affan, dan tentu Utsman bin Affan mewakafkan dan menghadiahkannya sumur tersebut untuk umat muslim. Karena Utsman bin Affan hanya ingin melihat kesejahteraan dan kemakmuran umat Islam.

Dengan dibelinya sumur tersebut dari orang Yahudi yang membenci Islam, akhirnya sumur itu bisa dipakai untuk umat Islam juga umat lain. Dan sumur itu benar-benar memberikan kesejahteraan bagi umat Islam khususnya dan umat agama lain pada umumnya.

Loading...