]

Mandi Junub Memakai Air Hangat Apakah Boleh Dan Sah? Begini Jawaban Ustad Abdul Somad

mandi junub3

Pertanyaan:

Pak Ustad, setiap youtube ustad saya tidak pernah tidak ikuti. Masya Allah... Tapi tidak ada pertanyaan mandi junub. Boleh nggak pakai air hangat?

Jawaban:

Ibu-ibu, bapak-bapak, di Mesir bulan Desember bulan Januari, musim sitha. Sitha, dingin, dingin kalau nggak bertanya, sama kyai kita, dingin musim dingin, sampai kadang 5-10 derajat. Lalu gimana? Disetiap kamar mandi ada yang namanya sakhonah, sakhonah pemanas air. Jadi memang panas, mandi air hangat, kalau air dingin menggigil, bekulah kita. Nah, jadi air itu dihangatkan boleh mandi asal jangan pakai air mendidih ajalah. Nanti jadi telur rebus.

Nah, maka, tapi katanya nggak boleh wudhu pakai air panas! Itu namanya air mushamas, air dalam ember bejana kena cahaya matahari langsung, bukan air panas. Air yang dipanaskan oleh matahari kalau disiramkan ke kulit berefek kena penyakit Barosh, penyakit juzam, penyakit kulit, makanya tidak boleh, air dingin air yang kena panas langsung, termasuk air yang didalam botol lalu kemudian panas, panas, hindari panas, kenapa? Karena bahan kimia yang ada itu lalu kita minum, itu menjadi cancer, orang Barat mengatakan Cancer, orang kita payahnya nyebut cancer, kenapa dia Kanker.

Berikut Videonya:

Loading...