]

Masalah pernikahan, Kajian Ustad Somad di Palangkaraya




Allahuma sholi assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh alhamdulillahi wakafa washolatu wassalamu ala habibil mustafa wa ala alihi wasohbihi wasalim… rabbi shadri wayassirli amri wahlul uqdatammillisaani, yang sama-sama kita hormati bapak gubernur, tuan haji sugianto sabran, bapak kepala dinas, dan badan kepala kantor

Insya allah kita semua dimuliakan Allah subhanahu wa ta'ala, alim ulama, tuan tuan guru imam besar, saya beberapa kali menolak jadi imam, tidak layak maju, hamba Allah yang dhoif, kami ada ulama di Riau, namanya Dr Satria Effendi, rupanya sahabat beliau dulu sama-sama s1 di Damaskus suriah, hari ini saya tidak sekedar sholat subuh, tapi juga sedang menyambung tali silaturahim. Siapa yang mau lapang rezekinya, mau panjang umurnya, hendaklah dia menyambung tali silaturahim, maka alhamdulillah subuh ini kita menjalin hubungan dengan Allah, dan juga menjalin hubungan hablumminannas mudah-mudahan kita istiqomah. Amien.

Kalau kamu masuk masjid, jangan duduk, sampai shalat sunat dua rakaat. Namanya apa? Nabi tak pernah sekalipun nabi tak pernah menyebut namanya sholat apa, nabi hanya berkata kalau kamu masuk masjid jangan duduk, sholat sunnah 2 rakaat, maka kalau tidak diberi nama, kita bingung, kamu sedang shalat apa tadi, saya shalat apabila kamu masuk masjid maka janganlah kamu duduk. Makanya ulama memberinya nama, apa namanya, tahiyatul masjid, yang artinya penghormatan, tahiyatul itu artinya penghormatan bukan tunjuk ke atas apa namanya tadi, tahiyatul.

Attahiyatul mubarakatus solawatut toyibatulillah, tahiyatul masjid menghormati masjid, maka apabila kalau kita singgah mampir ke masjid, salat sunat tahiyatul masjid, yang dipinggir jalan banyak sekali mobil-mobil parkir, sudah senang bahagia bangga tapi, ternyata mereka yang mampir itu tidak ada yang tahiyatul masjid lalu, kencing. Makanya sempatkan untuk shalat tahiyatul masjid, karena tempat kita sujud itu nanti akan menjadi saksi di hadapan Allah, tempat-tempat bapak ibu bersujud tadi akan bersaksi di hadapan Allah, ketika semua tanah-tanah berbicara, ketika semua makhluk-makhluk berbicara, maka semuanya akan menjadi saksi di hadapan Allah subhanahu wa ta'ala, mudah-mudahan masjidil haram, masjid nabawi, masjidil aqsa termasuk mesjid raya kita ini, menjadi saksi bahwa kita pernah beribadah hadapan Allah subhanahu wata’allah.

Setelah itu sholat sunnat qobliyah subuh, qobliyah subuh dua rakaat qobliyah subuh, lebih baik daripada dunia dan seisinya, dan siapa yang tidak qobliyah subuh tadi, maka sudah kehilangan dunia dan seisinya, tapi bisa diganti jangan sekarang. Jangan sekarang mentang-mentang saya katakan ganti semuanya tegak qobliyah subuh. Nanti, setelah selesai ceramah di masjid, atau pulang ke rumah, kalau qobliyah subuhnya saja lebih baik daripada dunia dan seisinya apalagi apa lagi sholat subuhnya, seandainya mereka tahu balasan shalat subuh, shalat isya’, shalat subuh berjamaah, maka mereka akan datang walaupun dengan merangkak. Merangkak, lumpuh, sakit mereka akan datang.

Kenapa mereka tidak datang, karena mereka tidak tahu, kenapa mereka tidak tahu, karena tidak kasih tahu, kenapa tidak kasih tahu,karena nabi mau kasih suprise, kejutan, kejutan setelah mereka masuk ke dalam surga, mereka melihat kejutan itu, apa kata mereka, wow amazing. Subhanallah, itu ucapan orang beriman, masya Allah, laa haula wala quwwata illa billah, disiapkan untuk hamba yang belum pernah dilihat mata, yang belum didengar telinga, tidak terlintas di hati manusia.

Bapak Ibu yang dimuliakan Allah, saya pernah datang suatu acara pengajian subuh, isinya PNS semua, jumlahnya 3000 orang, luar biasa masya Allah jamaah begitu antusias semangat, setelah selesai acara semuanya berkumpul, untuk apa tanda tangan. Rupanya diwajibkan, jadi jangan ada dusta di antara kita, ini sungguh ini, apa pakai absen juga? Masya Allah, ke atas ke bawah ke samping ke kanan, macet. Mudah-mudahan kita istiqomah sampai anak cucu kita. Amien.

Kalau shalat subuh yang sudah seperti sholat jumat, di situlah tentara Israel menggeletar karena palestina akan merdeka, Allahu Akbar. Kita sampaikan ke seluruh semesta alam, ke seluruh penjuru dunia, foto, gambar dari belakang, dari samping, dari kiri, dari atas, sampai ke bawah, tunjukkan yang pakai foto orang ataupun dron, apa itu dron lalat raksasa. Tunjukkan ke seluruh dunia, begini orang Palangkaraya kalau sholat subuh. Allahu Akbar.

Tentara Israel kalau nonton ini, kencing-kencing mereka, ini bukan lagi seperti sholat jumat ini seperti shalat idhul Fitri atau idhul Adha. Bapak Ibu yang dimuliakan oleh Allah subhanahu wa ta'ala, maka sholat subuh inilah barometer, makanya saya senang ketika saya lihat anak-anak muda, pakai seragam warna coklat ada tulisan pejuang, Pejuang Shubuh. Masya Allah, hebat, pas Dhuhur mereka ketiduran, rupanya mereka ketika subuh aja. Maksudnya sedangkan sholat subuh yang paling berat melawan kantuk melawan tidur mereka sanggup datang apalagi apalagi shalat dhuhur, ashar, maghrib, isya.

Maka kita doakan anak-anak muda kita ini yang sholat subuh, tidak tanggung-tanggung melihat ke sebelah kiri Banser ke sebelah kanan Kokam. Lihat sebelah kiri tuan imam besar pak gubernur, anggota legislatif, insya Allah. Saya pengalaman yang sudah sudah, kalau pemimpin itu salat berjamaah, insya Allah sampai kebawah, buktinya mana safari romadhon. Rame sekali.

Makanya banyak catatan itu ketika dicatat nanti di malaikat, kenapa safari romadhon, kenapa safari romadhon, kenapa safari romadhon, kenapa safari romadhon. Karena Lillahi ta'ala. Kalaupun ada unsur-unsur absensi sedikit nggak apa-apa. Masalah keikhlasan itu sama juga antara cinta dan cantik, cinta dan cantik itu kalau anak-anak mudah mengatakan aku mencintaimu my dear tak ku rindu lihat wajahmu, bohong. PRETTT.

Mana ada orang cinta nggak ngelihat wajahnya, dalam islam diajarkan sebelum menikah itu pandanglah 2 hal, yang pertama wajah, yang kedua telapak tangan, supaya apa? Makin membuat engkau bersemangat untuk menikah, pak ustad setelah aku lihat dari jauh, cantik. Setelah ku lihat dari dekat nggak jadi deh pak Ustad. Makanya telapak tangannya, kenapa telapak tangan yang dilihat, kalau kasar berarti dia budak hamba sahaya, kau siap nggak punya istri budak? Aku siap asal bukan dengan laki-laki saja.

Mantap, jangan ada dusta, makanya sebelum nikah itu mesti jelas, tapi yang paling penting adalah cantik batinnya, cantik hatinya. Cantik wajahnya penting juga, jangan kau menikah karena wajahnya, jangan kau nikahi perempuan terlalu cantik, nanti jadi fitnah, orang nuduh engkau pakai pelet.

Tapi juga jangan terlalu jelek, nanti kau malu bawa dia undangan, yang sedang-sedang saja, tapi cantik itu relatif pak Ustad. Betul, banyak laki-laki berkata demikian. Cantik itu relatif pak Ustad, iya! Kenapa demikian? Itulah jawaban yang paling menyenangkan hati. Astaghfirullahaladzim astaghfirullahaladzim astaghfirullahaladzim, saya diberikan ijazah oleh guru saya, engkau subuh Abdul Somad baca lahaula syarikalah lahulku walahul hamdu wahuwa yuhyi wa yumit, 10 kali maka engkau dijauhkan dari musibah, malapetaka, bencana.

Semua yang punya kekuasaan, yang punya kemashuran, yang punya harta benda, hari ini diluluhkan hatinya dengan kalimat itu. Kalau kau punya kekuasaan, yang punya itu Dia. Lahul mulku, kalau engkau dipuji orang yang punya pujian itu Dia, walahul hamdu kalau engkau hidup hari ini abdul somad yang menghidupkan itu dia. Wahyuyi, kalau engkau mati hari ini yang mematikan itu Dia. Yang mematikan dunia dan yang punya segala kuasa nyawa adalah Dia. Karena itu kalimat itu diulang 10 kali. Mulut mengucap hati tanamkan, ke dalam hati seperti tusukan pisau ke dalam hati tanamkan. Makanya jangan cuman sekedar baca, seperti baca mantra, banyak orang selesai sholat… nyanyanya… kodir… nyanyanya… kodir.

Ngapain ibu kok dari tadir kodir kodir, rupanya nama suaminya pak Abdul Kodir, mohon maaf pak Abdul Kodir. Ustad hanya berceramah, adapun nama yang tersebut di luar konten isi ceramah. Tapi mengenai pak abdul qodir itulah nama yang paling hebat, karena nama yang paling bagus adalah nama yang disandingkan dengan asmaul husna, abdul kodir, abdurrahman, abdul somad. Lalu kemudian setelah itu kita baca ummul kitab, yang paling bagus adalah baca quran, nggak sanggup baca quran hatinya al quran, yasin. Saya diberi ijazah oleh Sayyid Ahmad bin Muhammad bin Alawi al Hasani al Malik, Abdul Somad membaca surat yasin dan membaca surat al mulk, kenapa demikian membaca surat yasin pada suatu malam maka pada waktu subuh dia sudah diampuni Allah. Senang hati kita ketika anak lajang kita, anak gadis kita pintu kamarnya lupa ditutup, tiba-tiba kita dengar dari kamar dia membaca surat yasin, pas mau tidur malam yang kita tutupkan pintu kamar, kita lihat rupanya hp samsung.

Laqaula walakuata illabillah, bapak ibu yang dimuliakan Allah, membaca yasin mengingatkan kita pada kematian membaca yasin ingatkan kita bahwa tidak ada yang bisa menolong. Hari itu mulut kami kunci, tangan yang akan kami buat bicara dan kami buat bersaksi, apa yang dibicarakan tangan, apa dipersaksikan kaki, semua yang pernah kau lakukan dulu. Apa bisa Abdul Somad ini hidup lagi, dimakan cacing tanah, Abdul Somad akan bangkit lagi. Maka bagus yang baca surat Yasin, baca pelan-pelan jangan cepat-cepat. Ini sekarang ada orang membaca cepat sampai tak ada suaranya….

Maka bagus yang baca surat yasin, baca pelan-pelan jangan cepat-cepat. Paling bagus baca quran, baca al Quran, quran akan datang pada hari kiamat, anak belum tentu datang, istri belum tentu datang, suami belum tentu datang, tapi quran pasti datang, bagi siapa, orang-orang yang membacanya. Baca quran full, hatinya quran, tak sanggup baca, hatinya quran ummul qur'an al fatihah, dan setelah membaca itu kita baca ayat kursi. Siapa yang membaca ayat kursi pada waktu subuh, dijaga sampai dzuhur, waktu dzuhur dijaga sampai ashar, menjaga agar dibaca  maghrib dibaca waktu maghrib dijaga sampai isya di waktu isya dijaga sampai tahajud dibaca waktu tahajud dijaga sampai subuh. Penjagaan Allah, namanya siapa, Allahu la ilaha illa huwal hayyul qayyum, apakah dia capek apakah Dia ngantuk? Aku kaya aku berkuasa, kau tak ada apa-apanya lahu ma fissamawati wama fil ard.

Aku ditolong orang, aku ditolong si fulan, tidak ada yang bisa menolong kecual Allah. Kira-kira Allah tahu tak apa yang ada didalam hatiku? Hebat Allah itu, kuasa Allah itu, kira-kira Allah sanggup tak mengatur alam semesta? tahu tak daun daun yang jatuh? Ngerti tak semut-semut yang tak makan? Mau pergi kemana? Nak kamu pergi merantau jauh ke jakarta, kamu kuliah ke Kairo maka kau membaca ayat ini.

Kuatkan hatimu, kau mau ceramah di depan orang-orang hebat nak, kau mau,tampil sampaikan ayat kursi musti kau baca. Jangan... ini orang gagah perkasa, ternyata pakai apa, keris kecil di dompet, begitu duduk patah tertusuk. Lalu dari tadi tegak, ustad ceramah tak duduk, kenapa tegak tegak kenapa tak bisa duduk bersila? Tertusuk. Bapak ibu yang dimuliakan oleh Allah, kekuatan kita ada pada ayat kursi maka dibaca itu terus, yang berperkara di pengadilan baca terus ayat kursi. Kalau pak Hakim lihat, baca terus (Fuuh…).

Yang sedang di razia ditangkap, Priiiittt… baca (ayat kursi). Kata pak polisi, mas jangan kuat-kuat aku baca juga. Bapak ibu yang dimuliakan Allah, sahabat nabi Abdurrahman ibn auf, kalau ia pulang kerumah maka ia baca ditempat 4 sudut rumahnya, sudut kanan (baca ayat kursi), sampai habis. Sudut kiri (baca ayat kursi) sudut belakang, sudut belakang. Empat kali ia baca.

Imam Yahya ibn Mail kalau ia pulang ke rumah dalam satu malam dia baca ayat kursi 60-70 kan, baca kitab yang ditulis oleh imam Adzahabi. Tadi kita baca ayat kursi dan kemudian setelah itu kita pun bacaan Allahumma anta salam, alhamdulillah kenapa kita bisa ceramah, kenapa kita bisa pengajian, karena dalam agama kita tidak bawa nama-nama orang, agama kita justru membawa kedamaian. Damai itu bahasa arabnya salam, saya bercerita tentang kedamaian tiba-tiba ada suara peluru tututututut…

Allahumma anta salam, diantara nama Allah adalah salam, ya rohman ya rohim ya malik ya quddus ya salam ya mukmin ya muhaimin ya muhaimin begitu dipanggil langsung datang nanti malam. Cak Imin Muhaimin iskandar mau datang, Allah subhanahu wa ta'ala iya salam engkaulah yang maha pemberi keselamatan, kedamaian dan kita ucapkan Allahumma antas salam, waminkas salam, wa ilaika ya udus salam, fahayyina rabbana bissalam, wa adkhilnal jannata darassalam, tabarakta rabbana wata'alaita ya'zal jalali wal ikram, masukkan kami kedalam surga.

Bapak ibu yang dimuliakan Allah Subhana wa ta’alah, dari mana datang keselamatan waminkassalam, saya yang membuat acara ini menjadi selamat! Bohong,  serahkan semua ini kepada Allah, wa ilaika ya udus salam. Hidupkan kami dalam keselamatan fahayyina rabbana bissalam, masukkan kami kedalam rumah yang tak ada sengketa, tak ada huru hara, wa adkhilnal jannata darassalam, setelah itu lagi bertasbih 33 kali siapa yang membaca 100 kali maka dosa-dosanya akan dihapus miskipun sebanyak buih di lautan, sebanyak pasir di pantai, mudah-mudahan dengan membaca 100 kali gaji hapuslah segala dosa-dosa kita, Insya Allah.

Tapi hutang tak lunas… jangan hanya subhanallah...subhanallah… Alhamdulillah… alhamdulillah…. Gimana hutang bro? Bersihlah… itu menghapuskan dosa yang kecil-kecil saja, maka semua jamaah ini keluar dari masjid ini insya Allah bersih semuanya dari dosa yang kecil-kecil.

Hutang piutang 4 dan tanah yang digeser 3 senti yang dulu pernah makan bakwan 3 bayar buah maka itu mesti minta ampun maaf ya, dosa masalah materi lebih baik diselesaikan daripada kita mencari dia di akhirat, lebih baik kita bayar sekarang, adapun masalah dosa yang tidak bersifat materi, nggak perlu disebutkan “mohon maaf ya pak kalau  ada salah dosa”, nggak perlu disebutkan, seperti  “mohon maaf pak,” ada apa? “Kemarin, aku bawa bini bapak 3 hari”. Sebentar yah pak, aku kebelakang rumah sebentar. Lalu bawa parang panjang…

Bapak ibu yang dimuliakan Allah subhanahu wa ta'ala, selesai itu kita baca shubanallah, pernah sholat di suatu mesjid, semua didengar. Di masjid itu bacanya cepat, subhanallah… subhanallah… subhanallah… apa itu…. Subhanallah...subhanallah… subhanallah… Alhamdulillah….Alhamdulillah….Alhamdulillah… saya pakai tangan pak Ustad, Mantap! Tapi saya sendiri bingung...

Jangan pakai tasbih, tasbih itu bid’ah tak pernah dibuat nabi. Abu hurairah bertasbih di suatu malam pakai tali diikat pakai simpul, di simpul maka ketika dia bangun ada simpulnya, kenapa dia seperti itu,  karena waktu itu belum ada alat untuk membuat lobang batu, makanya ada kawan kawan pergi umroh dia beli tasbih, berapa dia beli tasbih? Sekoper. Cuman masalahnya banyak orang bertasbih tidak pernah bertasbih, dia punya tasbih digantungan di kaca spion mobil. Makanya nanti banyak yang masuk surga itu avansa, inova. Makanya yang pertama itu kita subhanallah, gimana kalau pakai tasbih itu, pelan-pelan juga, ini ada orang bertasbih sekali petik lima. Duduk di depan hotel di hotel ada lewat cewek yang paling cantik, dia makin cepat.

Apa itu, itu alat penghitung. Saya enggak mau pake alat itu, memang canggih ini tasbih digital itu kan tasbih manual jadul mantap, pakai tasbih pelan-pelan, ini cepat drruuuuudd… 100… 200…. 900...1000…. Setelah 1000, Ambil hp foto, alhamdulillah sudah 1000… dan yang suka tolong like and share. Apa itu, tak usahlah, yang tahu cukup kita saja, apalagi Allah.

Bapak Ibu yang dimuliakan Allah,selesai itu tadi kita berdzikir afdholu dzikir ilaha illallah yang mengantakan yang paling afdhol lailahailallah Allah dalam quran. Fa lam annahu lailahailallah, dalam hadis pula dikatakan afdholu dzikri seafdhol afdhol dzikir adalah lailahailallah, se afdhol dhu’a lailahailallah, makanya tadi mulai adzan subuh sudah diajarkan lailahailallah. Terbangun sendiri secinta cintanya ibu kepada suami belum tentu bangun nyebut nama suami, mana ada orang bangun, Oh Mas Parno… mohon maaf penyebutan nama tidak ada konten yang ada di sana, pasti orang ketika bangun mendengar adzan apa yang diucapkan muadzin itu yang diucapkan, lailahaillallah sampai ke masjid ashadualailahailallah.

Ustaz kenapa ngangkat telunjuk, karena  dulu orang arab jahiliyah menunjuk ya latta, ya uzza, ya manna, tapi ketika islam datang tidak menunjuk kemana-mana, mengangkat telunjuk menguatkan hati. Ashaduala ilaha illallah,madzab syafi’i telunjuk tiga jari ditekuk yang satu melingkar jari telunjuk turun attaqiatu… ashadualah ilahailallah, telunjuk dinaikkan pada lafadz Allah. Sedangkan Hanafi la naik lah turun, itulah hanafi. Sedangkan madzhab Hanbali setiap lafadz naik, sedangkan madzhab Maliki naik dan digerak-gerakkan. Mata yang sebelumnya melihat tempat sujud tapi ketika itu mata melihat telunjuk, yang lihat itu ujung telunjuk kita bukan telunjung orang.

Banyak juga yang tengok sebelah… saya alhamdulillah tidak terganggu dengan telunjuk orang begitu juga dengan batu cincin, oh kecubung… oh ustad, nyindir yang pakai cincin ya, tidak saya juga pakai cincin. Tapi ada yang bilang nggak boleh, nabi pakai cincin. Nabi pakai di kelingking, kenapa ustad nggk di kelingking? Kalau awak pakai di kelingking, saat Allahuakbar, lepaslah cincin. Yah kalau jatuh kelantai, kalau jatuh ke mulut jamaah???

Jadi ya nggak boleh itu kalau ada mencocok cocokkan, kalau anda lahir bulan mei, bintang anda gemini, pakailah batu warna merah maka wajah anda akan merah, biji mata anda akan merah, itu sakit mata. Ikan busuk pun merah. Lalu pakai yah karena senang saja.

Bapak ibu yang dimuliakan Allah. Subhanahu wa ta'ala lalu setelah itu ita berdoa, sekelompok orang berkumpul yang berdoa satu orang, yang lain meng-aminkan. Yang belum berdoa satu orang yang lain mengaminkan, maka Allah akan mengabulkan doa mereka. Tapi doa jangan panjang-panjang, saya pernah acara pengajian malam nuzulul quran safari Ramadhan pak Walikota, penceramah datang dari Jakarta dia pula imam, dibacanya doa sampai setengah jam. Pertama jamaah semangat semua, lama-lama turun…

Orang kalau tangannya sudah dipaha, terserah di pak imam, mau dikabulkan apa nggak, Nabi itu kalau berdoa diatas mimbar, diangkatnya tangan, lengan bajunya itu lebar ketika diangkat turun kebawah yang di bawah melihat, apa kata sahabat, sampai kelihatan ketiaknya, putih ketiaknya. Putih sampai kelihatan ketiak putih, kalau kita ketiaknya hitam. Kucium tapak tangan nabi apakata Anas bin malik, lebih harum dari semerbak kasturi. Jamaah mencium tangan saya bolak balik, harum pak ustad! Iya, baru ku kasih minyak wangi tadi. Nabi Salallahu’alaiwasalam manusia yang luar biasa, lebih harum dari semerbak minyak kasturi, saya pergi ke toko minyak wangi lalu saya tanya sama dia, ada minyak wangi parfum? minyak wangi apa, misk minyak wangi kasturi, susah untuk diceritakan dengan kata-kata. Kental seperti madu, harganya pak Ustad? Lain tempat lain harga, jadi jangan lagi pakai itu (minyak wangi) yang ada alkoholnya, kena mata, gelap…

Tapi kalau pakai itu, non alkohol, alkohol itu bukan bahasa arab walaupun pakai alkohol, lalu kemudian kita pun berdoa. Bapak ibu yang dimuliakan oleh Allah, kita berdoa, apa yang dimintakan pak ustad? Allahumma sholli ala sayyidina muhammadin dengan bertawasul kepada nabi Muhammad dengan sholawat ini selamat dari segala musibah dan malapetaka bencana. Dengan shalawat ini maka tertunailah segala hajat hajat kami yaa Allah. Dengan shalawat ini maka sucilah kami dari segala silap, khilafh, salah dan dosa.

Dengan shalawat ini naikkan derajat kami yaa Allah, dan ternyata langsung dikabulkan Allah ibu-ibu yang bershalawat langsung naik derajat ke lantai 2. Ini doa datang dari mana? Ulama yang buat, jangan pakai doa yang dibuat ulama, ulama buat doa itu pakai dalil, dalilnya mana hadis nabi, siapa yang bershalawat kepadaku satu kali shallallahu alaihi wasallam aku Allah balas 10 kali kebaikan, Allah tutupi semua silap, salah, dosa dan kesalahan Allah tingkatkan 10 derajat, kemudian 1 sholawat bagaimana kalau 100 sholawat maka dari mulai pulang dari masjid ini, banyak-banyaklah bershalawat. Sampai ke tempat belanja beli sayur nanti, shalawat. Bareng kawan mau ngajak ngerumpi, ceritakan aib orang, shalawat. Makanya perbanyak sholawat sholawat sholawat sholawat nabi yang dimuliakan Allah, setelah itu saya berdoa minta jauhkan bala, riba, zina… dari Palangkaraya wabil khusus, dari negara kesatuan republik Indonesia secara umum, dan dari negeri-negeri muslim wabil khusus rohingya. 

Videonya:

Loading...