]

Jawaban Ustad Abdul Somad Kepada Kapolri


Pertanyaan Kapolri
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, yang saya hormati shohibul ba’it yaitu ustad Arifin Ilham, yang kita cintai bersama ustadz Abdul Somad serta segenap majelis az zikra, yang insya allah dirahmati oleh Allah subhanahu wa ta'ala. Mungkin pertanyaan saya agak sedikit umum, kita melihat bahwa ada beberapa negara yang penduduknya muslim ini terjadi gejolak seperti di syria, kemudian di afghanistan dibahkan ada beberapa lain, mungkin di mesir tempat juga pak ustad  juga juga ada gejolak yang sama, yang ironis bagi kita adalah konflik itu terjadi antara muslim dengan muslim lainnya, negara Indonesia inilah negara yang sangat besar yang penduduknya dengan jumlah muslim terbesar di dunia, pertanyaannya mungkinkah apakah kemungkinan konflik seperti syria di afghanistan bisa terjadi Indonesia, kalau mungkin terjadi bagaimana kita bisa mencegahnya dan bagaimana kira-kira kita khususnya selaku polri, kapolri kepolisian dapat bisa mengatasinya dalam rangka mencegah itu, terima kasih assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Jawaban Ustad Abdul Somad
Apapun bisa saja terjadi, maka dalam alquran dikatakan kalau datang orang bawa suatu berita fatabayyanu klarifikasi, oleh sebab itu yang selalu membuat kita tidak baik adalah komunikasi, alhamdulillah kita bisa duduk bersama dalam satu majelis, antara saya dengan ustad Arifin Ilham tidak boleh ada orang lain yang merusak hubungan kami, ketika ada isu menyampaikan ke saya ustad somad, ustad arifin ilham ngatain ustad, katanya untuk apa ustad penakut nggak berani istri 2, untuk itu saya klarifikasi, saya langsung datang, “apa benar ustadz mengatakan demikian?” kata ustad Arifin Ilham “memang benar” begitu juga dengan ini, alhamdulillah kita bisa duduk bersama satu majelis sehingga jika ada percikan percikan api cepat kita padamkan.

Jangan sampai dia seperti bom waktu yang siap meledak, jangan sampai seperti api dalam sekam, maka semua dapat diselesaikan, maka salah satu yang kita lakukan adalah tabayyun, klarifikasi. Yang kedua, kepastian hukum tentang yang tidak pasti, dipastikan. banyak WA masuk ke saya yang minta supaya langsung tanya ke bapak (Kapolri) dengan macam-macam pertanyaan, “Ustad Somad tolong tanyakan kenapa es lilin ditangkap escobar nggak” macam-macam.

Saya ini tidak bisa saya jawab teka-teki dan ini mesti ada dari mabes menjelaskan, dan kalau itu dijelaskan dengan seksama, saya kira apa yang terjadi di sana, ada pihak ketiga yang merusak hubungan apalagi kita di samping kita adalah islam, tapi disamping itu juga kita budaya timur budaya komunikasi yang baik, budaya melayu, budaya adat istiadat kita. Malah kita lebih unik, kalau di sana negara yang besar terpecah menjadi kecil-kecil menjadi 22 negara arab, justru kita uniknya kita adalah kerajaan melayu-melayu, dari atas kerajaan aceh turun ke bawah sumatera utara 4 kerajaan melayu langkat, melayu deli, melayu serdang, melayu asahan, masuk turun ke bawah kemudian melayu siak sri indrapura, melayu indragiri, melayu riau lingga, melayu pelalawan, turun ke bawah lagi melayu palembang, melayu jambi, sampai kerajaan bengkulu lampung dan semua itu menyatu menjadi negara kesatuan Republik Indonesia, Insya Allah kalau ini kita jaga kita pelihara, adzab tidak akan turun kalau Muhammad ada di tengah kalian dan musibah itu tidak akan ada selama kita beristighfar, dan setiap hari petang pagi siang dan malam anak-anak tahfidz quran di Az-Zikra ini beristighfar. Karena itulah Insya Allah negeri ini akan tetap aman dan damai. Amin. Jangan suka menyebar Hoaks, karena nanti orang yang suka menyebar hoaks walaupun orang itu amalnya baik tapi suka menyebar hoaks, maka orang itu akan masuk surga tapi surganya hoaks.

Videonya:

Loading...